WELCOME TO MY BLOG

2011/10/16

Tambahan dukungan bahasa di OPL


Pada saat tulisan ini saya posting, penyempurnaan OPL masih terus diperbaharui dan untuk masalah dukungan bahasa, OPL untuk bahasa internal yang digunakannya masih 1 bahasa saja yaitu bahasa inggris (English). dan penambahan bahasa yang didukung OPL bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah sekali.


Untuk melakukan tambahan dukungan bahasa di OPL, maka kita membuat sebuah file bahasa yang struktur bahasa serta formatnya yang dikenali oleh OPL sebagai file pendukung bahasanya, dan untuk format atau nama file yang dikenali oleh OPL sebagai sebuah file bahasa, maka format penulisan nama filenya sebagai berikut :



lang_Nama Bahasa.lng


Penjelasan
lang_ => merupakan kata pendahuluan yang harus dicantumkan pada semua file bahasa yang diperuntukkan buat OPL.
Nama Bahasa => merupakan nama dari bahasanya dimana nama disini nantinya yang akan ditampilkan pada menu pilihan bahasa dipengaturan OPL.
.lng => merupakan extensi dari file bahasa yang dikenali oleh OPL.

Jadi umpamanya kita akan membuat sebuah file bahasa Indonesia, maka nama filenya kita simpan dengan nama lang_Indonesian.lng, atau umpamanya lagi bahasa yang akan kita buat adalah bahasa daerah masing-masing yang contohnya bahasa makasar, maka nama filenya kita beri nama lang_Makassar.lng, begitu juga untuk bahasa-bahasa lainnya.


Okey.... Untuk nama file bahasanya saya rasa sudah mengerti.


Sekarang dilanjutkan dengan struktur atau susunan kode bahasanya sendiri yang kita tuliskan pada file bahasanya.


Untuk mempermudah dalam membuat struktur atau susunan kode bahasa yang diperuntukkan buat OPL, maka dibawah ini saya tuliskan struktur/susunan kode bahasa OPL dalam bahasa English, dan nanti kode atau kata-katanya yang teman" translate atau artikan satu persatu dalam sebuah file terpisah yang akan dijadikan sebagai file tambahan dukungan bahasa buat OPL.


Struktur revisi bahasa OPL saat tulisan ini saya posting sebagai berikut:


English
WELCOME TO OPEN PS2 LOADER. MAIN CODE BASED ON SOURCE CODE OF HD PROJECT http://psx-scene.com ADAPTATION TO USB ADVANCE FORMAT AND INITIAL GUI BY IFCARO http://ps2dev.ifcaro.net> MOST OF LOADER CORE IS MADE BY JIMMIKAELKAEL. ALL THE GUI IMPROVEMENTS ARE MADE BY VOLCA. THANKS FOR USING OUR PROGRAM ^^
Open PS2 Loader %s
Save changes
O Back
Network config
Settings saved...
Error writing settings!
Exit
Settings
USB Games
HDD Games
Network Games
Apps
Theme
Language
Network startup error
On
Off
Ok
Game settings
Remove all settings
Removed all keys for the game
Scrolling
Slow
Medium
Fast
Default menu
Load from disc
Please wait
Error while loading the Game ID
Automatic sorting
Error loading the language file
Disable Debug Colors
No controller detected, waiting...
Enable Cover Art
Wide screen
Power off
Loading config
Saving config
Start device
USB device start mode
HDD device start mode
ETH device start mode
Applications start mode
Auto
Manual
Start HDL Server
HDL Server Starting...
HDL Server Running... Press [O] to stop
Press [X] to terminate HDL server
HDL Server Unloading...
Exit to
Background color
Text color
IP
Mask
Gateway
Port
Share
User
Password
X Accept
Item will be permanently deleted, continue ?
Rename
Delete
Run
Display settings
Enable Delete and Rename operations
Check USB game fragmentation
Remember last played game
Error, the game is fragmented
Error, could not run the item
Test
Leave empty for GUEST auth.
Load alt. core
Alternative data read method
Unhook Syscalls
0 PSS mode
Disable DVD-DL
Disable IGR
Reduced cdvdfsv buffer
Hide dev9 module
Alternate IGR combo
Changing the size will reformat the VMC
Create
Modify
Abort
Reset
Use generic
Configure VMC
Name
Size
Status
Progress
VMC file exist
Invalid VMC file, size is incorrect
VMC file need to be created
Error with VMC file, continue with physical MC ?




Catatan
WELCOME TO OPEN PS2 LOADER. MAIN CODE BASED ON SOURCE CODE OF HD PROJECT http://psx-scene.com ADAPTATION TO USB ADVANCE FORMAT AND INITIAL GUI BY IFCARO http://ps2dev.ifcaro.net> MOST OF LOADER CORE IS MADE BY JIMMIKAELKAEL. ALL THE GUI IMPROVEMENTS ARE MADE BY VOLCA. THANKS FOR USING OUR PROGRAM ^^
Tulisan kode bahasa diatas mulai dari WELCOME sampai dengan PROGRAM^^ ditulis dalam satu baris


Untuk lebih jelasnya lagi, maka silahkan download saja file bahasanya yang sudah jadi dalam bahasa English. Dan nanti setiap barisnya teman-teman translate/artikan sesuai dengan bahasa yang ingin digunakan.


Dan cara merubah kata atau kalimatnya mudah saja, yang penting maksud dari kata pengganti sesuai dengan maksud dari kata/kalimat sebelumnya (English), dan untuk merubahnya dan menyimpannya dengan nama file yang lain bisa kita gunakan software Notepad++.


Buka file bahasa yang jadi patokan atau yang ingin ditranslate/artikan kebahasa yang lain dengan notepad++, dan pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.


Kemudian teman-teman translate atau artikan satu persatu setiap barisnya, umpamanya setelah dirubah kebahasa Indonesia pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah sudah tidak ada lagi kata atau kalimat yang ingin dirubah, maka selanjutnya tinggal kita Save as dengan menekan CTRL+ALT+S atau klik pada File >> Save As..., dan akan kemudian isi keterangan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Okey... File bahasa tambahan buat OPL sudah jadi kenyit.

Dan untuk menggunakan filenya, maka file bahasa tersebut kita copy ke memorycard PS2 dan dipaste pada folder OPL dengan menggunakan bantuan software UlaunchELF, dan untuk file bahasanya sendiri bisa terdiri lebih dari satu file bahasa di dalam folder OPL, yang penting tiap bahasa memiliki nama bahasa yang berbeda-beda serta dengan format penulisan seperti yang sudah diuraikan diatas.

Bagi teman-teman yang suka mendownload, sudah saya coba membuat file bahasa Indonesianya dan sudah siap digunakan di OPL. Silahkan digunakan sebagaimana mestinyasengihnampakgigi

Untuk menerapkan bahasanya, maka booting dulu OPL, dan setelah itu masuk di pengaturan display, dan pada pilihan bahasa tekan (X), dan gunakan Dpad untuk mencari nama bahasa yang sudah dimasukkan di MCnya, kemudian pilih bahasanya dan tekan kembali (X), setelah itu pilih Ok dan simpan pengaturan di MC.

Bisa juga dengan menambahkan kode dukungan bahasa pada file konfigurasi utama OPL (conf_opl.cfg) seperti dibawah ini

language_text=Indonesian

Indonesian itu merupakan nama file bahasanya yang diterapkan dan tersimpan di MC, dan setelah itu kemudian mengcopynya kembali setting utama OPL ke MC didalam folder OPL bersama dengan file bahasanya (lang_Indonesian.lng)

Selesai.

0 komentar: