Pada postingan ini, kita akan membahas lebih khusus lagi penggunaan virtual memory card di OPL versi 0.8, yang mana virtual memory card (VMC) fungsinya sama dengan Memory card fisik standar dari PS2 yaitu untuk menyimpan "save" permainan, jadi dengan adanya file virtual MC ini maka memory card fisik tidak diperlukan lagi untuk menyimpan permainan "save", karena save dan load permainan semuanya akan dialihkan ke virtual memory card yang sudah tersimpan di media yang digunakan untuk menyimpan permainan (harddisk, flashdisk, atau flashcard).
Dan pada OPL versi 0.8 beta dan versi 0.8 final nantinya (saat rilis) sudah mendukung juga penggunaan virtual MC pada programnya, dan bahkan pada OPL 0.8 pembuatan dan pengaturan virtual MC semuanya dilakukan di setting OPL, dengan kata lain penggunaan virtual MC di OPL lebih praktis dan lebih mudah digunakan oleh pengguna PS2.
Pesan error VMC yang biasa muncul pada revisi-revisi OPL sebelumnya sudah diperbaiki oleh para pengembang OPL yang sampai saat tulisan ini saya posting masih terus melakukan penyempurnaan dan perbaikan di Open PS2 Loader yang akan merilis versi terbaru dari Open PS2 Laoder yaitu versi 0.8 final.
Untuk menggunakan virtual MC atau VMC di OPL, maka pertama-tama yang perlu dilakukan adalah membuat folder khusus yang digunakan OPL untuk menyimpan file virtual memory card, baik pada pengguna harddisk internal, maupun pada pengguna harddisk external.
Dan folder khusus ini bernama VMC, dan folder VMC ini tersimpan pada:
- Untuk pengguna harddisk internal (PS2 Fat+NA), folder VMC disimpan pada partisi +OPL. Dan cara membuatnya sudah dijelaskan pada postingan yang lalu.
 - Untuk pengguna harddisk external (USB Games), folder VMC disimpan pada drive atau path harddisk external (mass:/). Dan membuat folder VMC bisa menggunakan UlaunchELF atau melalui explorer windows.
 
Okey....
Setelah folder VMC sudah tersedia di harddisk yang kita gunakan, maka selanjutnya booting OPL.
Catatan :
- Bahasa OPL yang digunakan pada contoh ini adalah English, jadi jika menggunakan bahasa yang lain, maka sesuaikan dengan fungsi dan artinya masing-masing
 - Contoh gambar adalah HDD Games, dan caranya sama untuk penggunaan pada USB Games.
 - Semua konfigurasi akan disimpan OPL sesuai dengan media yang digunakan (alternatif device), karena OPL sudah lebih pintar dari sebelumnya untuk menganalisa dan mengenali device yang digunakan/ditemukan baik pada HDD Games, maupun pada USB Games.
 
Setelah masuk dimenu aktif OPL (HDD Games atau USB Games), maka selanjutnya pilih judul game yang akan menggunakan virtual MC, umpamanya seperti pada contoh ini saya pilih judul game Rumble Racing, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Kemudian masuk di Game settings dengan  menekan 
, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.Untuk pengaturan VMC seperti yang terlihat  pada gambar diatas adalah
Penjelasan :
-    VMC Slot 1 dan VMC Slot 2 merupakan path pengaturan penggunaan virtual MC pada game.
 -    not set merupakan keterangan dari nama virtual MC yang digunakan, dan pada saat ini (default) adalah tidak terpakai (not set).
 -    use generic merupakan pilihan penggunaan VMC jika menginginkan game tersebut menggunakan file VMC yang umum atau VMC yang digunakan oleh beberapa game, sementara jika menginginkan game hanya menggunakan VMC tersendiri, maka untuk nama VMC digunakan sesuai dengan ID game, dan OPL akan secara otomatis membaca ID game yang sementara diatur penggunaan VMC.
 
Okey....
Pada contoh ini game Rumble Racing saya set menggunakan VMC Slot 1 dengan VMC yang umum (use generic). dan setelah memilih use generic dan menekan
, akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.Pada contoh gambar diatas terlihat kalau  untuk VMC yang digunakan adalah generic_0.
Karena   pada tahap ini untuk VMC generic_0  belum tersedia, karena baru pertama   membuat atau mengatur VMC game pada OPL,  maka untuk VMC generic_0 perlu kita ciptakan, maka setelah itu pilih nama  VMC yang digunakan game dalam hal ini adalah generic_0, kemudian tekan 
  dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
  dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.Terlihat kalau pada gambar diatas VMC perlu  untuk diciptakan, maka pilih Create dan tekan 
.
."Tapi jika sebelumnya nama VMC ingin dirubah, maka pada nama virtual MC (generic_0) tekan [X}, dan setelah itu akan masuk di menu rubah nama VMC, selanjutnya tekan START jika sudah selesai"
Maka proses pembuatan VMC akan berjalan, dan  setelah selesai dan berhasil akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Selanjutnya keluar dan jangan lupa untuk  menyimpan setting game dengan memilih Save Changes dan tekan 
.
.Dan setelah itu akan seperti pada contoh  gambar dibawah ini.
Okey...
Sementara   untuk setting VMC game yang lain  caranya sama dengan diatas, cuma  jika  game tersebut menggunakan VMC yang umum  juga (generic_0), maka  VMC  tidak perlu kita ciptakan lagi, cukup dengan mengatur  setting VMC  Game  menggunakan generic_0, lalu menyimpan setting game  seperti yang sudah dijelaskan diatas.
Setelah ini, tinggal pilih judul game dan  tekan 
.... Selanjutnya semua save dan load game akan dialihkan ke file  virtual MC dan Memory card PS2 (fisik) tidak dibutuhkan lagi, jadi untuk  Memory card fisik PS2nya... kasikan aja ama saya 

.... (Sorry...Just Kidding).
.... Selanjutnya semua save dan load game akan dialihkan ke file  virtual MC dan Memory card PS2 (fisik) tidak dibutuhkan lagi, jadi untuk  Memory card fisik PS2nya... kasikan aja ama saya Dan   jika file VMC kita lihat menggunakan  UlauncELF (pada hd internal) yang   sudah diciptakan oleh OPL, akan seperti pada  contoh gambar dibawah   ini.
Untuk   menghindari error pada VMC, maka  sebaiknya VMC yang sudah diciptakan   oleh OPL digunakan pada satu PS2 saja dimana  VMC tersebut diciptakan   oleh OPL, sementara untuk VMC pada PS2 yang lain dibuat  kembali dengan   menggunakan OPL pada PS2 tersebut.
Dan jika karena sesuatu hal sehingga pesan  dibawah ini muncul saat memilih judul game.
Error with VMC file, continue with physical MC ?
Yang artinya kalau VMC mengalami error dan  akan menggunakan MC fisik standar PS2 kembali, maka coba tekan dulu 
  (back), kemudian pilih kembali judul game dan tekan 
. Dan jika pesan tersebut  masih muncul, maka sebaiknya atur kembali pengaturan VMC dan ciptakan kembali  virtual MC.
  (back), kemudian pilih kembali judul game dan tekan 
. Dan jika pesan tersebut  masih muncul, maka sebaiknya atur kembali pengaturan VMC dan ciptakan kembali  virtual MC.Dan   untuk proses pembuatan VMC pada HD  Internal tergolong sangat cepat,   begitupun juga saat menyimpan permainan (save  game) prosesnya lebih   cepat ketimbang menggunakan memory card fisik standar PS2.  Sementara   proses pembuatan dan penggunaan VMC (save and load game) pada pengguna    HD External lebih lambat disebabkan oleh transfer rate USB yang memang   tergolong  lambat.
And.... Khususnya buat pengguna OPL 0.8 di HD Internal  (personal), sudah saatnya mengucapkan "Bye-bye... Memory Card 

".
Sementara   bagi pengguna HD External, walaupun  kemungkinan masih memerlukan   memory card PS2 (fisik) untuk booting OPL (saat  tulisan ini saya   posting), tapi setidaknya sudah terbantu oleh virtual MC yang  tersimpan   di HD External, yang bisa dibilang jumlah atau kapasitas keseluruhan    VMC jauh lebih besar dibandingkan menggunakan memory card fisik, karena   file  virtual MC bisa kita ciptakan sesuai dengan kebutuhan dan   kapasitas bebas yang  tersedia di hd external.
Terima   kasih kepada para pengembang dan  pemerhati OPL diseluruh belahan dunia   yang membuat OPL semakin user friendly  dari kemarin 
,   dan tentunya dibawah naungan project open source akan membuat OPL    semakin jauh lebih baik dan meninggalkan program-program loader game   sebelumnya,  dan tidak menutup kemungkinan diluar sana banyak variant   OPL (berbasis source  standar OPL) yang digunakan oleh orang-orang   sesuai dengan keinginan dan  kebutuhannya masing-masing.










0 komentar:
Posting Komentar